Remaja bagi Kristus











haryadi baskoro 4BEBAN KHUSUS UNTUK REMAJA

(Foto: Haryadi Baskoro – nomor 3 dari kiri – bersama  Pdt. Peter dan para dancers di GBI Woodward Palu, 2009)

Waktu di SMU dulu, aku mengalami pemberontakan diri. Tapi, enggak kriminal lho! Cuman, ya…suka bolos dan malas sekolah. Juga suka usil. Pemberontakanku waktu itu sebenarnya muncul dari dua faktor. Pertama, jelas karena factor kejiwaan masa remajaku yang labil, yang diliputi storm and stress. Kedua, karena aku punya idealisme. Waktu itu aku suka baca-baca buku di luar buku teks sekolah sehingga, yah, banyak tahu tentang kekurangan sistem pendidikan di Indonesia gitu loh. Itulah yang membuat aku malas sekolah. “Buat apa sekolah kalau cuman merupakan proses pembodohan,” pikirku. Aku bahkan menulis artikel-artikel opini di koran yang berisi kritikan-kritikan terkait.

Apapun alasannya, yang jelas aku hidup tidak benar saat masa remaja. Aku jauh dari Tuhan. Bahkan aku mengejek kekristenan. Padahal, kakekku seorang pendeta dan pada waktu kecil aku pernah disembuhkan Tuhan secara ajaib dari sakit-penyakit. Pemberontakan itu membuat aku banyak berbuat dosa yang mendukakan hati Tuhan.

Karena dosa-dosa itu maka hidup masa remajaku hampir gagal. Aku pernah hampir tidak naik kelas karena nilai-nilaiku jelek dan banyak membolos. Aku pernah mengalami kecelakaan motor yang sebenarnya bisa merenggut nyawaku. Aku juga mengalami stress sehingga tidak bisa belajar dengan baik.

Pada akhir masa SMU, di kelas 3, aku takut akan masa depan. Ya, takut enggak lulus dan takut enggak bisa melanjutkan kuliah di kampus yang baik. Dari situlah aku mendekatkan diri pada Tuhan. Mulai tekun berdoa dan mencari Tuhan. Syukurlah aku bisa lulus dan kemudian diterima di perguruan tinggi negeri yang baik di Yogyakarta. Kemudian, pada awal masa kuliahku, aku didoakan secara khusus sehingga mengalami ”kelepasan” dan ”lahir baru”. Sejak itulah aku bertumbuh dan giat melayani Tuhan.

Pengalaman masa remajaku membuat aku mempunyai beban khusus untuk melayani para remaja. Aku tidak mau melihat para remaja direnggut iblis dan terjerumus dalam kegelapan dunia. Aku mau melihat para remaja Kristen hidup sungguh-sungguh dalam Tuhan, cinta Tuhan, bertumbuh dalam rohani, memiliki SDM unggul, dan dipakai Tuhan. Karena itulah aku sering melayani di berbagai Persekutuan Siswa Kristen dan berbagai kegiatan rohani (retret, seminar, rekoleksi) para siswa Kristen. Aku juga melayani KKR-KKR untuk remaja. Blog ini juga kudedikasikan untuk kemajuan remaja bagi Kristus.

haryadi baskoro 67PROFILE HARYADI BASKORO

(Foto: Haryadi Baskoro – paling kiri – bersama sahabat-sahabat remaja di kota Palu, 2009)

Nama : Haryadi Baskoro, S.Sos., M.A.C.E., M.Hum.

Pendidikan: S-1 Antropologi Budaya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (1997);S-2 Antropologi Budaya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (2003); S-2 Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Injili Yogyakarta (2000); S-3 Religious Education di Asia Baptist Graduate Theological Seminary (sedang kuliah).

Pelatihan: Akta Mengajar dari Universitas Negeri Yogyakarta (2001); Applied Approach dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (2009); Kursus Pelayanan Reclaimed My Health (RMH) di Singapura (2009).

Pengalaman Mengajar: Guru Antropologi dan BP di SMU BOPKRI 2 Yogyakarta (2000-2003); Dosen di Akademi Komunikasi Indonesia Yogyakarta (sejak 2000); Dosen di STIKES Wira Husada Yogyakarta (sejak 2001); Dosen di Sekolah Tinggi Teologi Injili Yogyakarta (2006); Dosen di Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu Jawa Tengah (sejak 2006); Dosen di Lembaga Kepemimpinan Proskuneo Palu Sulawesi Tengah (2009).

Pengalaman Pekerjaan: Editor di Penerbit Pena Persada Yogyakarta; Aktivis LSM Pelangi Institute Yogyakarta; Penulis dan peneliti lepas.

Karya Publikasi: Artikel-artikel opini tersebar di berbagai media cetak; Buku Kadipaten Pakualaman: Sebuah Dedikasi Lintas Generasi (Pena Persada); Buku All About Healing (Andi, Yogyakarta); Buku Doa Mengatasi Bencana Alam (Andi, Yogyakarta);Buku Mezbah Doa Para Pemimpin (Andi, Yogyakarta); Buku Ketika Ketangguhan Seorang Pria di Ambang Keterbatasan (Pena Persada); Buku Panggilan Menjadi Agen-agen Transformasi (Pena Persada); Buku Pendidikan Multi Kompetensi Gereja Transformator (HLM Yogyakarta); Buku Successful Christian Visionaries (Pena Persada).

MY BLOGS

www.haryadibaskoro.wordpress.com

www.smartforchrist.wordpress.com

www.mujizatajaib.wordpress.com

www.jonathanprawira.wordpress.com

www.yesusdatang2012.wordpress.com

www.kristenkreatif.wordpress.com

www.pengalamankristen.wordpress.com

www.bahasaroh.wordpress.com

www.pelayananpelepasan.wordpress.com

www.sosiologikristen.wordpress.com

www.harrymantong.wordpress.com

www.kasultananyogya.wordpress.com

www.pakualamanyogya.wordpress.com

KONTAK PELAYANAN

e-mail: haryadibaskoro@yahoo.com

HP for SMS: 0815 785 90 387



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: